+62 0856 7000 697 info@shaswisata.com

10 Destinasi Terbaik di Jawa

Gunung Bromo © Pukpik / unsplash

10 Destinasi Terbaik di Jawa, rumah bagi banyak budaya paling menonjol di Indonesia, Jawa adalah pusat peradaban bangsa. Apa pun yang ada dalam daftar Anda saat merencanakan perjalanan, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di pulau yang luas ini. Dari wilayah metropolitan terbesar di negara ini hingga surga penyelaman terpencil, temukan tujuan terbaik di Jawa.

Bromo Tengger Semeru National Park

Cagar alam yang luas ini mencakup wilayah beragam yang terdiri dari beberapa gunung berapi paling ikonik di Indonesia. Menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang puncak indah Bromo yang tertiup angin dan puncak sekitarnya telah menjadi inti dari pengalaman vulkanik di Indonesia. Bromo menjadi salah satu dari 10 Destinasi Terbaik. Pendaki yang lebih berpengalaman dapat mencoba keberuntungan mereka mendaki Semeru dan mencapai puncak tertinggi di Jawa, terpesona dengan pemandangan yang indah di sepanjang jalan. Pegunungan juga berbagi daerah sekitarnya dengan air terjun, sabana, pasir, dan laut yang indah, yang semuanya dapat dijangkau satu sama lain dalam satu atau dua perjalanan sehari.

10 Destinasi Terbaik di Jawa
Gunung Bromo © Pukpik / unsplash

Dieng

Salah satu dari 10 Destinasi Terbaik di Jawa, bertengger di 2.000 meter (6.562 kaki) di atas permukaan laut, Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu tujuan paling keren di Indonesia, dan bukan hanya dari segi cuaca. Baik sebagai destinasi alam maupun budaya, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di Dataran Tinggi Dieng. Selain pemandangan pegunungan yang luas dari hutan dan desa-desa yang jauh, dataran tinggi ini memiliki danau multi-warna, mata air panas, dan kuil Hindu kuno. Setahun sekali, turis berduyun-duyun ke tempat itu untuk festival yang sangat dinantikan yang mencakup ritual tradisional, pertunjukan, dan musik jazz di atas awan.

Dieng-Shas Tour & Travel
Dieng © Rizknas / unsplash

Yogyakarta

Salah satu 10 Destinasi Terbaik di Jawa yang tentunya sangat terkenal adalah Yogyakarta, atau Jogja, begitu sering disebut dengan penuh cinta, adalah penjaga budaya Jawa yang disayangi, menjaga tradisi yang mendalam tetap hidup dan sehat selama berabad-abad. Hasilnya adalah kota yang benar-benar khas, benteng untuk tradisi dan budaya yang akan membuat wisatawan terpesona dengan semua pesonanya. Kompleks istana Kesultanan Yogyakarta tetap menjadi salah satu daya tarik yang tak boleh dilewatkan di mana wisatawan dapat mengamati dan berinteraksi dengan budaya kuno secara langsung. Menjelajahi desa-desa pembuat batik dan mengunjungi Candi Prambanan yang megah juga merupakan salah satu pengalaman terbaik di pusat seni dan budaya Jawa.

10 Destinasi Terbaik di Jawa
Yogyakarta © Mahmur Marganti / unsplash

Karimunjawa

Secara keseluruhan, Indonesia adalah surga tropis dengan destinasi pulau eksotis yang tak terhitung jumlahnya untuk dijelajahi. Karimunjawa adalah rangkaian pulau di lepas pantai Jawa Tengah, rumah bagi terumbu karang yang subur, bakau, dan berbagai keanekaragaman hayati, termasuk yang langka dan dilindungi. Seperti khas pantai utara Jawa, pantai yang indah di pulau-pulau ini memiliki ombak yang tenang, menjadikannya tempat yang ideal untuk menyelam dan snorkeling yang ramah bagi pemula. Menjelajahi pulau melalui lima pulau berpenghuni (dan lebih banyak lagi pulau tak berpenghuni) tidak hanya akan membawa Anda ke pantai pasir putih yang indah, Anda juga akan bertemu dengan campuran budaya yang membentuk populasi lokal nusantara – orang Jawa yang mahir, pelaut terampil dari Bugis, dan nelayan dari Madura.

10 Destinasi Terbaik di Jawa
Karimunjawa © Yohanes Dicky Yuniar / unsplash

Candi Borobudur

Salah satu cagar budaya terbesar di dunia tidak hanya dikenal dan dicintai karena signifikansi historis dan spiritualnya. Sederhananya, Borobudur adalah salah satu candi terindah di nusantara. Itu megah dengan stupa ikonik, relief batu yang rumit, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Tentu saja, bagi mereka yang cukup peduli untuk mendalami lebih dalam dari apa yang terlihat, dandanan yang indah mengungkapkan cerita dan wawasan epik yang memperkaya pikiran dan jiwa. Desain agung itu sendiri melambangkan kosmos dan pikiran manusia; satu hal yang membuat kuil yang kaya simbol ini menjadi situs populer di seluruh dunia untuk ziarah. Juga suatu prestasi arsitektural yang agak misterius, kuil ini dibangun dengan sistem pola yang halus, bukan semen atau perekat, menyatukan kedua juta blok itu dengan kokoh.

Borobudur-Shas Tour & Travel
Candi Borobudur © Indra Dewa / unsplash

Batu

Kota menawan di Jawa Timur ini mendapatkan popularitas dengan dibukanya lebih banyak atraksi baru. Tetapi daerah dataran tinggi telah menjadi tempat liburan yang disayangi oleh bangsawan dan bangsawan abad ke-10 karena cuaca yang sejuk, suasana santai, dan alam yang indah. Kini, pariwisata Batu telah memasuki babak baru dengan sejumlah objek wisata tersebar di seluruh wilayah; terutama taman hiburan dan taman hiburan. Kota ini menampung Jatim Park yang terkenal, ketiganya, masing-masing dengan sorotan dan tema pendidikan yang berbeda. Museum Angkut, di sisi lain, telah menjadi salah satu kebanggaan kawasan ini, dengan koleksi transportasi yang luas yang dipamerkan dalam pengaturan yang rumit. Jangan sampai melewatkan Batu Night Spectacular dan Eco Green Park. Meski dengan atraksi baru yang bermekaran, Batu belum kehilangan pesona alamnya, semilir angin sejuk dan pemandangan pegunungan yang indah menyertai Anda di sepanjang jalan.

Batu Malang-Shas Tour & Travel
Batu Night Spectacular (BNS) / ikutilangkahkaki

Baluran National Park

Di Zamrud Khatulistiwa Indonesia, hutan tropis yang rimbun dan tanaman hijau yang luas bukanlah pemandangan yang aneh. Tapi dataran kering seperti yang Anda impikan di Afrika juga ada di nusantara, sehingga mendapat julukan ‘Afrika Kecil di Jawa‘. Dibandingkan dengan tempat lain di Indonesia, Taman Nasional Baluran memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sangat berbeda karena iklimnya. Sabana adalah rumah bagi banyak mamalia yang terancam punah seperti banteng, kancil Jawa, macan tutul jawa, dan banyak lagi, berkeliaran liar dan bebas. Wisatawan dapat mendaftar untuk tur safari yang diatur oleh The Park untuk memastikan petualangan yang lebih nyaman dan aman.

Baluran National Park-Shas Tour & Travel
Baluran National Park © Vansep Awan / unsplash

Puncak Bogor

Nama ‘Puncak‘ digunakan secara umum untuk menggambarkan suatu daerah di mana saja di sekitar jalur gunung yang menghubungkan Bogor ke Bandung, membentang melalui Cianjur dan Sukabumi. Perkebunan teh, vegetasi yang rimbun, dan pemandangan indah Puncak telah menyambut siapa pun dari pejabat kolonial Belanda hingga penduduk kota yang lelah dari Jakarta modern. Sementara satwa liar alami yang luar biasa masih tumbuh subur, atraksi terus berkembang dengan taman hiburan, hotel, dan vila baru. Puncak sangat populer dan ramai selama akhir pekan dengan orang-orang datang untuk bersenang-senang, baik untuk bersantai dan sekadar menghirup udara segar di vila atau bersenang-senang dengan bersepeda, hiking, bermain, atau paralayang.

Puncak Bogor-Shas Tour & Travel
Puncak Bogor © Gamma Haqqul / unsplash

Jakarta

Di luar kemacetan lalu lintas dan hutan beton yang lebat, Jakarta adalah kota dinamis dengan banyak wajah, dan setidaknya salah satunya bisa membuat siapa pun jatuh cinta. Untuk melihat Jakarta sebagai kota warisan yang menawan, kunjungi kompleks Kota Tua untuk melihat landmark kolonial yang menyimpan berbagai museum. Seni kontemporer dapat ditemukan di banyak galeri, teater, dan tempat budaya di Jakarta. Tidak mengherankan, ibu kota juga merupakan tujuan gaya hidup yang ramai dengan banyak restoran, kafe, dan toko; legendaris atau baru dibuka. Dan yang terakhir mengejutkan, kawasan perkotaan juga menyimpan beberapa tempat wisata alam yang indah, mulai dari Pulau Seribu yang eksotis hingga hutan bakau yang luas.

Jakarta-Shas Tour & Travel
Jakarta © Uray Zulfikar / unsplash

Bandung

Mungkin julukan ‘Paris of Java’ akan memberi Anda gambaran tentang kota ini. Jika tidak, butik dan gerai mode yang berjajar di jalan-jalan utama dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang Bandung sebagai kiblat mode dan tujuan belanja. Tetapi alih-alih label desainer kelas atas, Anda akan menemukan bakat lokal yang segar, barang berkualitas tidak megah, dan barang dengan harga murah. Bandung juga merupakan destinasi kuliner yang terkenal dengan kafe berkonsep baru, restoran, dan makanan jalanan yang berlimpah. Seni dan arsitektur juga berkembang pesat, memberikan kota ini getaran muda yang menarik bahkan di tengah banyaknya bangunan warisan dan situs bersejarah.

Bandung-Shas Tour & Travel
Taman Gedung Sate © Edi Yusuf / Republika

Sumber: Culture Trip

Tertarik Untuk Wisata Budaya?

Jelajahi bersama Shas Tour & Travel

Leave a Reply

Global Code of Ethics for Tourism

Tourism, the activity most frequently associated with rest and relaxation, sport and access to culture and nature, should be planned and practiced as a privileged means of individual and collective fulfilment.

Global Code of Ethics for Tourism

Recent Comments

    Tag Cloud