+62 0856 7000 697 info@shaswisata.com

Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bintan

Dengan pantai yang dikelilingi hutan, bakau yang kaya akan satwa liar, dan resor spa mewah, Pulau Bintan, sangat dekat dari Singapura adalah tempat yang tepat untuk relaksasi total. Bagian dari Kepulauan Riau, memiliki interior yang sebagian besar merupakan hutan yang kaya akan satwa liar, sementara di sekitar pantai Anda akan menemukan pelaut yang tinggal di rumah panggung. Inilah pilihan kami tentang apa yang harus dilihat dan dilakukan di sini.

Orang Laut Desa Panglong

Orang Laut Desa Panglong Pulau Bintan menjalani kehidupan nomaden sebelum menetap di pantai Panglong, sekitar satu jam perjalanan dari pelabuhan. Di antara labirin rumah panggung mereka, Anda masih akan menemukan cara hidup pelaut tradisional, serta sisa-sisa sejarah desa, termasuk beberapa tungku berkubah yang pernah digunakan untuk membuat arang dari pohon bakau.

Kampung Panglong merupakan sebuah pemukiman yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Namun bedanya, kampung ini memiliki beberapa bangunan unik yaitu dapur arang yang berbentuk seperti dome layaknya rumah suku eskimo. Selain itu, para pelaut yang bermukim didesa ini juga dikenal sebagai penakluk lautan dimasa lampau. Mereka dikenal memiliki keahlian bertahan disamudra, menghindari badai, ombak serta lihai dalam berburu ikan.

Secara geografis, Kampung Panglong ini terletak di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menuju ke kampung ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer dari Tanjung Pinang yang bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam. Lokasi kampung ini juga cukup dekat dari Pelabuhan Tanjung Berakit, hanya sekitar 200 meter saja.

Beberapa tahun belakangan ini, Kampung Panglong diresmikan sebagai tempat wisata budaya oleh pemerintah setempat karena keterkaitan sejarah dengan Kerajaan Riau, serta keberadaan Suku Laut yang bermukim di kampung ini. Tempat wisata ini ternyata cukup diminati oleh wisatawan, tak hanya lokal tetapi juga mancanegara. Mereka mengaku penasaran dengan kehidupan dari Suku Laut, yang dikenal mampu bertahan hidup dilautan.

Hubungi dan konsultasikan Paket Wisata Pulau Bintan bersama tim kami yang berpengalaman.

Sumber: Culture Trip, Tempat Wisata

Leave a Reply

Global Code of Ethics for Tourism

Tourism, the activity most frequently associated with rest and relaxation, sport and access to culture and nature, should be planned and practiced as a privileged means of individual and collective fulfilment.

Global Code of Ethics for Tourism

Recent Comments

    Tag Cloud